Ada Pungli di Pelabuhan Bongkar Muat Kapal Tongkang PT Cemindo?

3119 views

 

image

LEBAK,BANTENDAY.com-Aktivitas bongkar muat kapal tongkang di pelabuhan/terminal khusus pabrik semen PT Cemindo Gemilang Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten diduga diwarnai pungutan liar (Pungli). Ironisnya, pungutan dari setiap tongkang yang mengangkut hasil tambang batu bara dan clingker (bahan mentah semen) tersebut terkesan di legalkan oleh oknum pengurus pelabuhan dengan memberikan jatah kepada sejumlah oknum yang mengatsnamakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masayarakat (Ormas).

“Nilai pungutanya cukup besar. Dalam satu bulan, jatah yang diberikan kepada oknum LSM dan Ormas dari pengurus pelabuhan mencapai puluhan juta Rupiah. Setahu saya jatah yang mereka pinta (oknum LSM-red) Rp 500 per ton, jika di kalkulasikan satu bulan mencapai Rp 60 juta,” ungkap seorang pengurus pelabuhan yang minta namanya dirahasiakan kepada Wartawan.

Jatah tersebut diberikan kepada para oknum setelah tongkang selesai melakukan bongkar muat. Jatah kordinasi itu, diberikan langsung oleh pengurus Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan berinisial EP. Jatah tersebut untuk kordinasi pengamanan agar kegiatan bongkar muat tongkang berjalan kondusif.

“Jatah itu katanya sebagai uang kordinasi dan pengamanan, untuk memback up kegiatan bongkar muat tongkang. Soalnya, bongkar muat berdampak negatif terhadap lingkungan,” ujarnya. (Anton/A2)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Ada Pungli Bongkar Cemindo? di Pelabuhan Kapal Muat PT Tongkang

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...