Ada Kegagalan Dalam Kaderisasi Gapensi Lebak?

1816 views
image

Sejumlah spanduk di lokasi Muscab Gapensi Lebak

Bantenday.com, Lebak – Pada Musyawarah Cabang (Muscab) VIII Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Lebak, Sumantri Jayabaya (HS) yang juga sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lebak, melalui aklamasi terpilih sebagai Ketua Gapensi Kabupaten Lebak periode 2016-2021.

“Alhamdulillah saya masih dipercaya untuk memimpin Gapensi di Lebak, apapun persoalannya Gapensi harus bisa bergandeng erat dengan Pemerintah Daerah,” kata Sumantri kepada wartawan di Hotel Mutiara Rangkasbitung, Selasa (26/4/2016).

Menurutya, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) siap tidak siap, pihaknya sebagai pengusaha sudah terbiasa bertarung dalam artian siap menghadapi persaingan.

“Siap tidak siap, kita sebagai pengusaha sudah terbiasa bertarung. Untuk SDM para anggota Gapensi Insyaallah bertahap, karena kita sering mengadakan seminar bagi para anggota,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menjelaskan, Gapensi merupakan ujung tombak pembangunan, berapapun besaran anggaran yang dikucurkan Pemerintah Daerah, namun yang melaksanakan adalah para pengusaha.

“Berarti dalam hal ini, kualitasnya harus di naikan termasuk SDM pengusahanya,” kata Ade Sumardi.

Sementara seorang pengusaha muda Lebak, Ahmad Hakiki Hakim mengapresiasi terpilihnya HS sebagai ketua Gapensi Lebak. Namun menurutnya organisasi tersebut telah gagal dalam kaderisasi. Sehingga tidak mampu memunculkan pemimpin baru

” Saya salut Pa HS terpilih kembali namun disisi lain juga memprihatinkan kondisi pengusaha Lebak tidak ada kaderisasi atau generasi pengusaha seperti sosok HS. Apakah tidak ada yang mampu atau belum ada yang layak,” ungkap Kiki, Rabu 27 April 2016.

Namun terlepas itu semua, Kiki berharap untuk tetap menciptakan  iklim usaha yang sehat.

Sementara Sekretaris Dewan Pertimbangan Gapensi Cabang Lebak, Ahmad Ganif mengakui adanya kegagalan dalam proses kaderisasi di tubuh Gapensi Cabang Lebak.

Namun Ganif membantah jika terpilihnya HS untuk yang ketiga kalinya menjabat ketua Gapensi Cabang Lebak, itu menyalahi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi profesi tersebut.

” Jika soal kaderisasi ya memang kita akui disitu tidak sesuai harapan, tapi soal legalitas terpilihnya Pa HS itu tidak bisa dipersoalkan, sebab tidak ada anggota ataupun pengurus yang mau maju semua mendukung Pa HS. atas dasar itu secara aklamasi semua sepakat menjadikan Pa HS sebagai ketua Gapensi Lebak.” paparnya.

Ganif mencontohkan, organisasi itu seperti negara, pada saat kondisi abnormal harus memilih pemimpin,ta agar tidak ada kekosongan kekuasaan. Sebab kata dia apabila tidak segera diisi jabatan pimpinan itu, akan menyebabkan bahaya.

” Atas dasar itu, semua pengurus dan anggota Gapensi Lebak sepakat memilih Pa HS menjadi Ketua Gapensi Lebak, periode 2016- 2021″ ungkap pengusaha Lebak yang selalu tampil sederhana ramah ini.(sep/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...