Ada Foto Hoax Seba Baduy, Ini Himbauan Ulama Banten

977 views

Tokoh ulama Banten, Amas Tadjuddin


SERANG, BANTENDAY.com –  Salah seorang Tokoh ulama Banten, Amas Tadjuddin menghimbau, seluruh lapisan masyarakat untuk tidak memperparah keadaan dan situasi umat Islam dengan penyebaran isu hoax dan fitnah. Himbauan itu terkait adanya foto-foto hoax, yang menyebar di media sosial.

“Dari dan kepada siapapun fitnah itu ditujukan dalam berbagai bentuknya, termasuk melakukan politisasi gambar editan untuk tujuan tertentu seperti peristiwa acara Seba Baduy yaitu upacara adat yang dilakukan dan diikuti oleh ribuan warga suku Baduy, ” ungkap Pengurus MUI Kota Serang ini, kepada BANTENDAY.com, Sabtu 13 Mei 2017.

Dijelaskan Amas Seba Baduy merupakan kegiatan adat suku Baduy dengan cara mengunjungi bupati Lebak dan Gubernur Banten selaku “bapak gede” dengan cara berjalan kaki ratusan kilometer dari pemukiman Baduy di lereng gunung Kendeung pedalaman Leuwidamar menuju ke Ibu Kota Lebak dan Banten tempat “ibu gede” berada. 

“Kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi tahunan dan tidak ada tujuan politik apapun dan atau apalagi untuk memecah belah persatuan umat Islam, tidak ada mengganggu kerukunan dan kebhinekaan, jadi jika ada gambar dan poto poto kegiatan tersebut yang disinyalir beredar dijadikan dasar (diedit) untuk kepentingan dan tujuan tertentu dipastikan itu adalah hoax dan fitnah,” ungkapnya.

Sekedar diketahui foto kegiatan Seba Baduy, diedit orang tak bertanggung jawab. Di Foto asli tersebut ribuan warga Suku Baduy menggelar Seba Baduy di Rangkasbitung, Lebak baru-baru ini. Namun foto tersebut di edit dan diberi diberi keterangan menolak kehadiran Front Pembela Islam (FPI).

Lantaran beredar di medsos foto hoax tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lebak melalui akun facebooknya menjelaskan tentang adanya poto kegiatan Seba Baduy yang diedit oleh orang tak bertanggung jawab seakan itu adalah poto ribuan warga yang menolak kehadiran FPI.( backan)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...