800 Santri di Banten Ikuti Jambore

2166 views

santri dari perwakilan delapan kabupaten/kota di Banten mengikuti jambore santri 2016 tingkat Provinsi Banten yang digelar di Bumi Perkemahan Taman Wulandira Kabupaten Serang, di Serang, Jumat (11/11)

SERANG, BANTENDAY.com– Sebanyak 800 orang santri dari perwakilan delapan kabupaten/kota di Banten mengikuti jambore santri 2016 tingkat Provinsi Banten yang digelar di Bumi Perkemahan Taman Wulandira Kabupaten Serang, di Serang, Jumat (11/11).

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut merupakan rangkaian hari santri tingkat Provinsi Banten bekerja sama dengan Forum Santri Provinsi Banten.


Asisten Daerah Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Umum (Asda II) Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, kegiatan jambore santri tersebut merupakan ajang silaturahim dan melakukan berbagai perlombaan para santri, baik yang berasal dari pondok pesantren salafi dan pesantren modern yang ada di delapan kabupaten/kota di Banten.

Ini kegiatan yang pertama kali kami selenggarakan. Tujuan utama dari kegiatan ini sebenarnya ingin mendengarkan masukan-masukan dari para santri terkait program pembangunan yang bisa dijalankan Pemprov Banten dengan melibatkan peran para santri,” kata Eneng Nurcahyati usai membuka kegiatan tersebut.

Menurut dia, jika dari hasil evaluasi kegiatan tersebut dirasakan memberikan manfaat yang besar khususnya bagi kalangan santri dan juga Pemprov Banten, maka jambore santri bisa dijadikan agenda rutin yang dilaksanakan Pemprov Banten bekerja sama dengan Forum Santri.

Eneng mengatakan, kegiatan jambore santri diisi dengan berbagai kegiatan lomba keagamaan sesuai dengan kompetensi dan pelajaran yang diterima para santri di masing-masing pondok pesantren, seperti lomba membaca kitab kuning, lomba pidato dan ceramah umum serta outbond. Selain itu ada juga kegiatan bimbingan mental dan bela negara dengan melibatkan narasumber dari kepolisian dan TNI.

“Mereka kan selama ini belajar agama terus di pesantrennya. Nah di sini tetap belajar dengan sedikit refresh karena bisa silaturahmi dan outbond serta ada materi umum terkait bela negara,” kata Eneng Nurcahyati.

Kepala Biro Kesra Pemprov Banten Irvan Santoso mengatakan, rangkaian kegiatan jambore santri tingkat Provinsi Banten dilaksanakan selama tiga hari mulai 11 sampai 13 November 2016. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 800 orang santri dari puluhan pondok pesantren di delapan kabupaten/kota di Banten.

“Kegiatan ini untuk pertama kali dilaksanakan di Banten. Mudah-mudahan jika hasilnya positif dari kegiatan ini, nanti bisa menjadi agenda rutin kerja sama Pemprov Banten dengan Forum Santri,” kata Irvan. (adv)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...