​Polantas Lebak Intensifkan Penindakan Pelanggaran Balapan Liar  

1190 views

LEBAK,BANTENDAY.com – Balapan liar yang marak terjadi disejumlah titik jalan protokol Kabupaten Lebak sangat meresahkan masyarakat. Pasalnya aksi para kawula muda tersebut selain membahayakan nyawa mereka sendiri, juga ikut mengancam nyawa orang lain. Bahkan sejumlah titik jalan sering diblokade oleh para oknum pembalap liar. 

Menurut Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Lebak, Robby Hari, para oknum yang biasanya melakukan aksi balapan liar adalah para remaja tanggung yang berumur dikisaran 13 – 18 Tahun. “Menurut hasil investigasi, para pelaku balapan liar adalah para remaja yang berumur dikisaran 13 – 18 tahun,” ujarnya. 

Menanggapi masalah tersebut, guna mengantisipasi balapan liar Polantas Lebak mengintensifkan penindakan pelanggaran yang berpotensi melancarkan balapan liar.

 “Kita tindak sepeda motor yang memakai kenalpot racing, serta ban kecil yang biasa digunakan untuk balapan liar. Selain itu kita juga terus sosialisasikan bahaya balapan liar kepada masyarakat maupun di sekolah – sekolah,” ujarnya, Kamis, (16/3). 

Dia menjelaskan, lokasi jalan yang sering digunakan bersifat simultan (Berpindah – pindah secara serentak), apalagi ketika tim kepolisian melakukan patroli, para pelaku balapan langsung berlarian dengan sepeda motornya. Tetapi yang sering digunakan, lanjut dia, yaitu di Jalan Hardiwinangun, Multatuli dan Bypass. 

Salah satu pengguna jalan mengeluhkan aksi balapan liar tersebut. “Para pembalap liar biasa menggunakan motor yang sudah dimodifikasi knalpotnya sehingga menimbulkan kegaduhan di lokasi balapan.    Aksi mereka sangat mengganggu, apalagi ini jalan umum bukan sirkuit balapan,” ujar Imam Apriyana (23).

Dia menjelaskan, sejumlah pengguna jalan yang melewati Jalan Hardiwinangun, Multatuli dan Bypass pun harus berhenti untuk menunggu para pembalap liar tersebut ketika akan memulai start balapan karena jalan diblokade oleh belasan motor. 

Ia membeberkan, balapan liar sering dilakukan pada waktu dini hari sekira pukul 22.00 – 03.00 WIB. Dia menambahkan, pentingnya pengawasan yang dilakukan pihak berwajib dan perlunya pengawasan dari para orang tua. 

“Polisi sudah sangat sering mengamankan lalu lintas di lokasi balapan, bahkan ketika mobil patroli polisi tiba, para pembalap langsung lari berhamburan dengan kendaraannya. Namun perlu diperhatikan oleh para orang tua, kalau ada anaknya yang ikut (balapan liar) sebaiknya disanksi tegas biar kapok,” katanya. (dox)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...