​Diskominfo Siap Wujudkan Program Lebak Cerdas 2019

1348 views

Kepala Diskominfo Lebak, Dodi Irawan

LEBAK-, Sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika harus melaksanakan tiga urusan pokok yaitu Urusan : 1. Urusan Komunikasi dan Informatika, 2. Urusan Statistik dan 3. Urusan Persandian.
Pada urusan komunikasi dan informatika terdapat 2 (dua) sub urusan yaitu 1. Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik dengan kewenangan untuk melaksanakan Pengelolaan knformasi dan komunikasi publik Pemerintah Daerah kabupaten/kota. 2. Sub Urusan Aplikasi Informatika dengan 2 (dua) kewenangan yang harus dilaksanakan yaitu : a. pengelolaan nama domain yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat dan sub domain di lingkup Pemerintah Daerah kabupaten/kota, b. pengelolaan e-government di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/kota.
Untuk urusan statistik terdapat sub urusan statistik sektoral dengan kewenangan untuk melaksanakan penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Daerah kabupaten/kota.Sedangkan pada urusan persandian terdapat sub urusan persandian untuk pengamanan informasi, dengan kewenangan untuk melaksanakan : a. penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi Pemerintah Daerah kabupaten/kota dan b. penetapan pola hubungan komunikasi sandi antar-Perangkat Daerah kabupaten/kota.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak yang terbentuk pada awal Tahun 2017 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lebak Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lebak dan Peraturan Bupati Lebak Nomor 38 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi tugas dan fungsi, serta tata kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak, mempunyai Visi yaitu Terwujudnya Layanan Informasi dan Komunikasi yang Terpercaya dengan Misi untuk Meningkatkan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi. Serta memiliki Tujuan guna Meningkatnya penyebarluasan informasi dan komunikasi, dengan Sasaran untuk Meningkatkan penyebarluasan informasi dan komunikasi.
Sebagaimana Perbub tersebut diatas, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak memiliki Tugas yaitu melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian dan memilik Fungsi untuk : 1. Perumusan kebijakan teknis dalam bidang komunikas dan informatika; 2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dan pelayanan umum bidang komunikasi dan informatika; 3. Pengawasan dan pembinaan tugas bidang komunikasi dan informatika; 4. Pengelolaan administrasi kesekretariatan; dan 5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sebagai penjabaran dari indikator kinerja utama Dinas Komunikasi dan Informatika Lebak yaitu Meningkatkan Penyebabarluasan Informasi dan Komunikasi maka disusunlah indikator kinerja yang akan menjadi tolok ukur pencapaian indikator kinerja utama. 
Ada 6 (enam) indikator kinerja yang menjadi acuan yaitu sebagai berikut : 1. Presentasi terlayaninya informasi publik dengan formulasi Jumlah terlayaninya permohonan informasi publik dibagi jumlah seluruh permohonan informasi publik dikali 100%. 2. Jumlah tersebarluaskannya informasi penyelenggaraan pemerintah daerah dengan formulasi Jumlah media publikasi informasi penyelenggaraan pemerintah daerah. 3. Prosentase Pengelolaan sistem Aplikasi berbasis Teknologi Informatika dengan Formulasi Jumlah pengelolaan aplikasi berbasis teknologi informatika dibagi seluruh aplikasi berbasis teknologi informatika dikalikan 100%. 4. Tingkat pemanfaatan Teknologi Informatika untuk layanan publik dengan formulasi Jumlah pemanfaatan Teknologi Informatika untuk layanan publik. 5. Prosentase ketersediaan data dan informasi statistik daerah dengan formulasi Jumlah data dan informasi statistik daerah yang dibuat/tersusun dibagi jumlah seluruh data dan informasi dikali 100%. Dan 6. Prosentase pemanfaatan persandian dalam pengamanan informasi pemerintah daerah dengan formulasi Jumlah pemanfaatan persandian untuk kemanan informasi dibagi seluruh informasi yang diamankan dikalikan 100%.
Untuk mendukung dan mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak melaksanakannya melalui 4 (empat) Program dan 10 (sepuluh) Kegiatan utama serta 5 (lima) Program dan 17 (tujuh belas) kegiatan pendukung dengan Anggaran sebesar Rp. 4.034.204.000 (empat milyar tiga puluh empat juta dua ratus empat ribu rupiah) pada tahun 2017. Dengan struktur organisasi yang terdiri dari Kepala Dinas (Eselon II), Sekretaris Dinas (Eselon IIIa), Kabid (3 bidang, Eselon IIIb), Kabupaten dan Kasi (9 org, Eselon IVa) dengan jumlah PNS sebanyak 27 orang dan TKS sebanyak 32 orang.

 Adapun lokasi kantor Diskominfo saat ini menempati gedung Jl. Abdi Negara No. 3 Rangkasbitung dengan nomor yang dapat dihubungi (0252) 5552138. Semenjak berdiri pada awal Januari 2017 yang lalu, penataan dan pengelolaan terkait tugas fungsi organisasi telah dan terus dilakukan. Pengembangan dan inovasi bidang aptika, bidang penyiaran, bidang pelayanan informasi publik, bidang statistik dan persandian, dan bidang lainnya, terus dilakukan secara kontinu dan berkesinambungan.

Dibidang penyiaran, ijin penyiaran yang sudah bertahun-tahun tidak kunjung terealisasi, akhirnya dengan menempuh berbagai prosedur yang harus dilewati, maka mulai tahun ini Radio Multatuli 89 FM telah beroperasi secara legal dan sesuai dengan aturan. Sudah terbentuk Dewan Pengawas Radio dan Dewan Direksi guna mendukung operasional radio. Selain itu, penataan SDM dan sarana prasarana juga tidak lepas dari perhatian. Saat ini sudah ada peningkatan kesejahteraan bagi para penyiar radio, sudah ada pedoman dan panduan siaran, sudah tersusun jadwal penyiaran, sudah tersedia alat dan komputer yang mendukung siaran, sudah dilaksanakan perbaikan pemancar radio, juga sedang dilakukan perbaikan ruang siaran agar lebih modern dan nyaman. 

Dibidang pelayanan informasi, telah dilakukan penataan terhadap PPID Kabupaten Lebak dengan melakukan perbaikan sarana prasarana kantor agar menjadi lebih representatif dan nyaman. Selain itu juga dilakukan penataan terkait mekanisme dan pelaporan permohonan nformasi sehingga alur permohonan informasi berjalan lancar dan permohonan informasi dapat dipantau setiap saat.

Pada bidang pengembangan aplikasi, selain SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) yang sudah berjalan, telah pula dilakukan pengembangan dan mengoperasional aplikasi Sambal (Sistem Informasi Managemen Perencanaan Penganggaran dan Pelaporan) yang telah, diamanatkan oleh KPK untuk0diimplementasikan sebagai salah satu rencana aksi0pemberantasan korupsi. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan penyalahgunaan dan, penyelewengan dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran akan hilang.

Selain itu, ada aplikasi streaming radio Multatuli FM yang dapat diunggah melalui play store,0aplikasi ini selain berisi siaran radio Multatuli 89 FM, juga memiliki konten informasi, baik, internasional, nasional maupun daerah. Beberapa aplikasi yang sedang dikembangkan dan merupakan hasil kerjasama dengan pihak lain, baik dengan pemerintah pusat maupun daerah, dengan lembaga, dengan swasta baik institusi maupun perseorangan, diantaranya adalah LEBAK SMART CITY, SABILULUNGAN,

PROGRESIO, SILAMAT dan IMM. Lebak Smart City berisikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, diantaranya mengenai informasi pendidikan, kesehatan, kuliner, keamanan, transportasi, wisata, budaya, lowongan kerja, perbengkelan, pertukangan, dll.

Sementara itu, aplikasi Sabilulungan merupakan aplikasi terkait pelaksanaan hibah dan bansos. Sedangkan aplikasi Progresio adalah aplikasi untuk mengetahui perkembangan program dan kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan. Aplikasi Silamat adalah aplikasi yang berisikan informasi tentang kelahiran dan kematian. Dan IMM adalah aplikasi untuk mengatahui dan memantau timbal balik atau feedback masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Sementara itu, dibidang statistik dan persandian, saat ini sedang disusun beberapa buku terkait data dan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan daerah dari berbagai aspek dan sektor. Diharapkan data dan informasi ini dapat menjadi bahan untuk perencanaan dan evaluasi bagi pemerintah daerah serta menjadi bahan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kedepan akan dikembangkan sebuah aplikasi yang akan menyajikan data dan informasi secara komprehensif mengenai perkembangan pembangunan di kabupaten Lebak. Juga akan dilakukan kegiatan sertifikasi keamanan informasi sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan melindungi informasi yang harus dikecualikan.
Demikian sekilah informasi mengenai tugas dan fungsi serta perkembangan dan capaian yang telah dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak, semoga bermanfaat. (Diskominfo Lebak)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...